SUMBERPANDAN - (23/09/1434) Setiap Ramadhan akan tiba, Masjid Taqwimuddin sudah memplaningkan berbagai program Ramadhan yang  sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Mulai dari pembelajaran alquran, baca kitab, tadarrus sampai pengajian umum setelah Tarawih yang Dainya sengaja mengundang dari luar desa.

Untuk tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada satu program tambahan, yaitu mengadakan pertemuan Silaturrahim antar Santri dari Berbagai Pesantren yang dikemas dengan acara buka bersma. Meliputi pesantren Sidogiri Pasuruan, Syaichona Cholil Bangkalan, Nurul Cholil Bangkalan, Lirboyo Kediri, Darul Lughah wad Da'wah Pasuruan, Paiton Probolinggo dan pesantren-pesantren sekitar.

Prediksi awal yang akan hadir hanya sekitar delapan puluh santri, namun ternyata membludak dari prediksi awal. Meski santri dari daerah Masaran Pakong tidak bisa hadir karena ada acara haul, namun santri dari daerah lain cukup banyak yang antusias menghadiri event perdana tersebut.

Acara yang digagas oleh kakak beradik, Tajuz Zuhud dan Zahiruddin tersebut dihadiri tamu spesial dari Keluarga besar Demangan dan Kepang Bangkalan, Ra Yusuf dan Mas Abd. Hakim. Tidak hanya itu, juga kedatangan tamu istimewa dari Keluarga Sidogiri Pasuruan, Mas Kholili. Dengan kehadiran beliau, tentu cukup menambah kehangatan acara yang diadakan di ruang Madrasah Miftahul Ulum 06 tersebut.

Acara dimulai dengan pembacaan maulid al-Habsyi oleh jam'iyah sholawat kebanggaan kampung Sumberpandan, Nurul Musthofa. Dilanjuti dengan sambutan-sambutan. Sambutan perdana atas nama panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Tajuz Zuhud.

Santri aktif pesantren Lirboyo ini memaparkan berbagai hal. Mulai dari latar belakang  diadakannya event silaturrahim tersebut sampai planingnya mengenai akan dibentuknya organisasi santri antar pesantren se Bangkalan.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh delegasi dari berbagai pondok pesantren yang hadir. Tampil pertama utusan Pesantren Syaichona Cholil yang diwakili oleh Ust. Ishaq. Dilanjuti pesantren Dalwa oleh Ust. Dumyati, pesantren Sidogiri oleh Ust. Yazid dan perwakilan pesantren Lirboyo oleh Ust. Rahmatullah. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ra Yusuf.

Menurut informasi dari panitia, acara tersebut akan menjadi agenda paten yang masuk dalam program tahunan Masjid Taqwimuddin Sumberpandan.

"InsyaAllah tahun depan akan diadakan lagi" ungkap ketua panitia, Zahiruddin seusai acara.

"Dan akan menjadi program tahunan masjid Taqwimuddin Sumberpandan" imbuhnya.

Telah dibaca kali

Posting Komentar

 
Top