Sumberpandan.com SUMBERPANDAN (8/7/1435) Menjadi penghafal al-Quran tentu dambaan setiap orang. Sebab, selain memang memiliki predikat tinggi di sisi Allah, juga menjadi batu loncatan untuk tingkatan berikutnya yaitu memahami al-Quran sehingga termotivasi untuk mampu mengaplikasikan kandungan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tadi malam tiga murid Madrasah Miftahul Ulum (MMU) 06 sekaligus muta'allim Masjid Taqwimuddin Sumberpandan dinobatkan sebagai Hafidzul al-Quran tingkat juz tiga puluh, karena telah sukses menghafal dengan lancar dan fasih seluruh surat yang termuat dalam juz Amma.

Mereka adalah Hidayatullah putra Bapak Syafi'i, Mujahidin putra Bapak Imam Abd. Qohhar (alm) dan Abd. Latif putra Bapak Junaidi yang kesemuanya berdomisili di Sumberpandan Alaskokon.

Acara yang dihelat di serambi masjid Taqwimuddin itu dihadiri banyak undangan. Mulai dari Pengurus Ta'mir Masjid, tokoh masyarakat dan wali murid MMU 06.

Acara yang berlangsung sekitar dua jam tersebut dimulai dengan pembacaan suratul fatihah yang dilanjuti dengan sambutan atas nama Ketua Ta'mir Masjid Taqwimuddin, KH. Abd. Jalil AZ.

Berikutnya evaluasi hafalan, kelancaran dan ketepatan dalam ilmu tajwid. Ketika ketiga Hafidz tersebut dievaluasi, mereka mampu melewati setiap pertanyaan yang diajukan oleh Ustadz Tajuz Zuhud. Seperti disuruh membaca lima ayat pertama yang hanya disebutkan nama surat saja dan dengan cara membaca potongan ayat secara acak lalu suruh dilanjutkan.

Tidak hanya Ustadz Tajuz Zuhud, namun juga dari Pengurus Ta'mir Masjid, KH. Abd. Jalil AZ serta pengurus Pondok Putri, Ustadzah Mu'rifah juga mencoba mengetes kelancaran dan kefasihan mereka. Alhamdulillah mereka dengan santai mampu menyelesaikannya dengan sempurna.


Selanjutnya pembagian hadiah yang terdiri dari: pertama beupa uang tunai dari Pengurus MMU 06, kedua  uang tunai dari Ustadzah Zubaidah, ketiga bingkisan baju dari Ustadzah Hizbullah dan keempat bingkisan jajan dari Ishomuddin.

Kegiatan ini ditujukan sebagai media motivasi bagi mereka yang sudah hafal atau yang masih dalam proses setoran.

"Acara ini sengaja dihelat, agar menjadi motivasi bagi mereka yang sudah sukses hafal atau yang masih dalam proses menghafal" ungkap Ustadz Hizbullah, selaku muallim sekaligus koordinator Tahfidzul Juz Amma ketika ditemui di sela-sela acara.

"Sekarang memang masih tiga, insyaAllah akhir tahun nanti akan bertambah sekitar 12 orang" imbuhnya.



Telah dibaca kali

Posting Komentar

  1. putra sumber pandan9 Juni 2014 17.34

    Amin...semoga program ini terus lanjut

    BalasHapus

 
Top