Sumberpandan.com SUMBERPANDAN - (03/10/1435) Tidak sedikit dari kalangan murid madrasah ranting kelas lima ibtidaiyah yang sulit menangkap materi kitab Tashil Nail al-Amani, kitab yang berisikan komentar dan penjelasan matan Awamil lil Jurjani. Sebab, selain materinya yang cukup banyak juga dikejar tarjet makna dan penjelasan panjang. Sehingga kadang guru hanya menyampaikan sekedarnya saja dan murid harus berupaya sendiri untuk mencari penjelasan lengkapnya.

Hal tersebut juga dirasakan oleh murid kelas lima MMU 06 Sumberpandan. Oleh karenanya salah satu jebolan MMU 06 memiliki inisiatif untuk menerjemah dan meringkas materi yang dimuat dalam kitab Tashil tersebut dengan diberinama kitab Taisirul Awamil sebagai penunjang untuk cepat memahami kitab yang dikenal dengan kitab i'rab itu.

Kitab yang dirampungkan selama tiga hari oleh alumni MMU 06 angkatan 2004 tersebut sekarang sudah dicetak dan bisa digunakan oleh setiap murid kelas lima ibtidaiyah.

"Semoga kitab sederhana ini bisa menjadi batu loncatan untuk memahami kitab Tashil yang cukup ditakuti oleh temen-temen kelas lima" ungkap penerjemah yang menggunakan nama pena Ibnu Ansya' itu.

"Dan pahalanya bisa mengalir deras kepada ke dua orang tua saya yang telah kembali pada Sang Khaliq" tuturnya seraya mengakhiri dengan kata amin.
Telah dibaca kali

Posting Komentar

 
Top