Dok. Sidogiri.net
ROMPENG - (5/4/1436) Demi mengevaluasi siswa agar fasih dan lancar dalam membaca al-Quran, Pengurus Induk Pondok Pesantren Sidogiri pagi ini menghelat ujian al-Quran untuk semua siswa kelas IV atau V Ibtidaiyah tipe B se-Madura yang berada di bawah naungan institusinya. Tak ketinggalan siswa Madrasah Miftahul Ulum B-06 juga ikut serta dalam ujian yang dilaksakan di Rompeng Paterongan Galis itu.

Enam siswa delegasi kelas empat Ibtidaiyah tadi pagi meluncur ke tempat pelaksanaan diantar oleh pengurus madrasah, Ustadz Tajuz Zuhud yang ditemani guru tugas dari Pondok Pesantren Sidogiri, Ustadz Umar.

Keenam siswa tersebut melangsungkan ujian dalam tiga tahapan. Pertama membaca surat al-Fatihah. Berikutnya membaca ayat antara juz 1 hingga 5. Terakhir mereka harus membaca salah satu surat dalam juz 30.

Dalam evaluasi yang dilaksanakan setiap tahun tersebut mendatangkan juri dari staf pengajar pondok pesantren Sidogiri sendiri, bukan dari madrasah ranting setempat. Sehingga kevalidannya bisa dipertanggungjawabkan secara penuh.

Kelulusan dalam ujian tersebut menjadi persyaratan mutlak untuk bisa mengikuti ujian penentuan kelulusan madrasah yang lebih dikenal dengan istilah Imni (Imtihan Niha'i). Jika tidak lulus dalam ujian al-Quran, jangan berharap bisa mengikuti ujian akhir buat kelas enam tersebut.

Semoga seluruh peserta dari berbagai madrasah ranting se-Madura tersebut bisa lulus semua, terlebih bagi delegasi Madrasah Miftahul Ulum 06 Sumberpandan sendiri. Amin.

Telah dibaca kali

Posting Komentar

 
Top